Monday, December 05, 2011

Tips Belanja Online yang aman

perkembangan tegnologi dunia saat ini sangat melejit dengan cepat. sampai akhirnya ada yang namanya perdagangan secara online melalui media internet ini.
Kalo kalian gak biasa belanja secara online pasti kalian punya rasa was-was atau cemas terhadap pihak penjual, takut klo ditipu atau disalah gunakan.
nah oleh karena itu aq mo ngasih kalian tips caranya agar Belanja secara Online yang aman
  1. Lakukan pengamatan terlebih dahulu terhadap situs yang menjadi tempat kamu belanja. periksa apakah penjual tersebut menyertakan kontak person seperti YM, FB, Twitter dan alamat Penjual. Kalo semua itu tidak ada maka jangan percaya penjual online yang seperti itu.
  2. Jangan mudah memberikan data pribadi kamu ke penjual seperti, nama, nomor KTP, kartu ATM, ataupun rekening pribadi. karena data itu tidak diperlukan atau tidak menggunakan data tersebut untuk transaksi jual beli online.
  3. Cari dan baca informasi tentang kebijakan situs tersebut atau lebih dikenal dengan lisence dan aggrement. Jangan sampai situs tersebut memiliki kebijakan boleh memberikan informasi pribadi ke pihak lain.
  4. Perikasalah harga tertera pada barang. Anda patut curiga apabila barang yang sama memilki harga jauh berbeda yang ada di toko.
  5. Jangan menggunakan password yang sama saat melakukan transaksi online karena sangat berisiko terhadap tindak kejahatan pencurian password.
  6. Bekali komputermu dengan antivirus yang terupdate.
  7. Meminta dan menyimpan bukti transaksi.
  8. lebih bagus melakukan pembayaran dalam transaksi online menggunakan account paypal. karena via paypal akan lebih terjamin keamanaanya daripada menggunakan kartu kredit. Klo pengen daftar paypal Klik  PayPal 
  9. Jika tidak mempunyai paypal dan terpaksa menggunakan kartu kredit maka perisak apakah URL situs tersebut memiliki tanda fasilitas secure. biasa URL yang mempunyai fasilitas tersebut otomatis berubah dari http menjadi https ketika melakukan transaksi.
Bagaimana menurut kamu??? masih mau Belanja Online???

Artikel yang berkaitan



0 comments: