Tuesday, November 01, 2011

Hasil Analisis Audit Pembelian


RUANG LINGKUP
Aspek-aspeknya meliputi  :
  1. Rencana pembelian
  2. Manfaat yang diperoleh atas pembelian
  3. Pelaksanaan pembelian
  4. Cara penyimpanan dan penggunaan barang  yang dibeli
  5. Pencatatan mengenai pelaporan atas penggunaan aset

PERENCANAAN dan PELAKSANAAN
  1. Rencana pembelian, sasarannya adalah kebutuhan atas barang yang akan dibeli.
  2. Manfaat, sasarannya adalah manfaat apa yang dapat diperoleh perusahaan atas pembelian barang tersebut. (Manfaat bagi Merpati AirLines : agar memperoleh keuntungan atas penambahan penerbangan maka pihak Merpati AirLines membeli pesawat baru)
  3. Pelaksanaan pembelian :
a.       Melalui pelelangan, tahap awalnya adalah menentukan panitia lelang (Audit yg dilakukan : memeriksa siapa saja yang menjadi panitia lelang agar tidak terjadi adanya konflik kepentingan)
b.      Menentukan kebutuhan, yaitu menentukan spesifikasi barang yang akan dibeli berdasarkan kebutuhan, yang ditentukan oleh tim pengadaan (menentukan kesesuaian antara daerah tujuan penerbangan dengan spesifikasi pesawat yang dibutuhkan)
c.       Sistem pelaksanaan lelang
  1. Cara penyimpanan, apakah hanggar pesawat layak atau tidak (kondisi dan letak bangunan) dan siapa saja orang yang menjadi kru penyimpanan.
  2. Cara penggunaan, tahap awalnya adalah melakukan pengecekan kelayakan atas barang yang akan digunakan.
  3. Pencatatan, meliputi : kondisi pesawat, kondisi cuaca, kru penerbangan, pelaksanaan penerbangan (jadwal penerbangan, jumlah penumpang). Kemudian dibuat pelaporannya.
EVALUASI  BERDASAR “3E”
A.    Ekonomisasi
Jenis pesawat yang dibeli tidak sesuai dengan kebutuhan atau kriteria jalur penerbangannya, sehingga kecelakaan pesawat yang terjadi justru semakin menambah kerugian / defisit perusahaan.
B.     Efisiensi
Pihak Merpati AirLines kurang cermat dalam memilih jenis pesawat sesuai dengan jalur penerbangannya dan kurang cermat dalam mengecek kelayakan kondisi pesawat yang akan digunakan sehingga terjadilah kecelakaan.
C.    Efektivitas
Terjadinya kecelakaan pesawat yang menewaskan seluruh penumpang tidak dapat memenuhi tujuan awal pembelian pesawat baru oleh perusahaan yaitu untuk memperoleh keuntungan.

REKOMENDASI
Pengadaan pembelian pesawat harus dilakukan dengan cermat dan matang diimbangi dengan prosedure/sosiolisai yang sesuai aturan yang telah ditetapkan, meliputi penentuan kebutuhan pembelian barang, manfaat pembelian, cara penyimpanan serta cara penggunaan. Selain itu diharapkan pemerintah untuk terus mengontrol aset-aset pembelian yang dilakukan oleh instansi pemerintah agar tidak terjadi penyelewengan.

Artikel yang berkaitan



0 comments: