Tuesday, November 01, 2011

Hasil Analisis Kasus Audit Pemasaran


AUDIT PEMASARAN

a.       Audit lingkungan pemasaran
Kriteria :
a)      Pemasaran produk kembang gula merata hingga seluruh pelosok negara Amerika Serikat
b)      Penjualan yang terus meningkat.
c)      Perusahaan mengetahui minat konsumen terhadap kembang gula
Temuan :
a)      Tingkat Pemasaran yang masih kurang
b)      Penjualan dan keuntungan menurun
Evaluasi
a)      Memperbaiki pola pemasaran produk perusahaan
b)      Peningkatan kinerja bagian pemasaran
Rekomendasi
Efisiensi :
a)      Memperluas wilayah pemasaran dan mengawasi jumlah barang di tempat-tempat yang memiliki permintaan yang tinggi

b.      Audit strategi pemasaran
Kriteria :
a)      Tenaga Bagian penjulan (sales) mempunyai kemampuan sesuai bidangnya.
b)      Perusahaan mengetahui tujuan pemasaran
c)      Penyusunan strategi pemasaran yang akurat dan tepat.
d)       

Temuan :
a)      Tujuan-tujuan pemasaran perusahaan tidak jelas dan tidak realistis,
b)      Strategi perusahaan tidak memperhitungkan perubahan pola penyaluran atau menyelenggarakan perubahan pasar yang cepat,
Evaluasi :
Memberikan pelatihan pada karyawan bidang pemasaran, penjualan dan pengiklanan.
Rekomendasi
a)      Pembuatan Tujuan pemasaran yang sesuai dengan kenyataan yang terjadi pada pemasaran produk O’Brien Candy Company
b)      Pembuatan Strategi Pemasaran yang berdasar pada tujuan pemasaran yang lebih akurat dan sesuai keadaan pasar.
c.       Audit Organisasi Pemasaran
Kriteria :
a)      Setiap Bagian dari perusahaan inimenjalankan tugasnya sesuai dengan job desk yang telah disepakati.
Temuan :
a)      Perusahaan lebih dijalankan oleh organisasi penjualan daripada oleh organisasi pemasaran
Evaluasi :
a)      Melakukan inspeksi pada perkerjaan yang dilakukan oleh bagian Pemasaran
Rekomendasi :
a)      Dilakukan pengawasan kinerja bagian pemasaran
d.      Audit Sistem Pemasaran
Kriteria :
a)      System yang ada di bagian pemasaran dapat berjalan dengan baik.
b)      Prosedur yang dilakukan bagian pemasaran sesuai dengan prosedur yang berlaku di perusahaan.
Temuan :
a)      Sistem di bagian pemasaran tidak berjalan dengan baik sehingga mengganggu kinerja bagian pemasaran
b)      Perusahaan tidak memiliki prosedur pengembangan produk baru secara berhasil,
Evaluasi
a)      Memberikan gambaran umum dan penjelasan kepada karyawan bidang pemasaran dan penjualan mengenai system pemasaran yang dijalankan pada perusahaan
Rekomendasi
a)      Pembenahan system yang ada di bagian pemasaran
b)      Perusahaan membuat prosedur pengembangan produk baru yang tepat
e.       Audit Produktifitas Pemasaran
Kriteria :
a)      Perusahaan Dapat menjual semua produk dalam jumlah besar.
b)      Bagian Pemasaran dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dengan harga seminimal mungkin.
c)      Menganalisis produktivitas dan profitabilitas poduk, kelompok pelanggan atau unit analisis yang lain didalam pemasaran.
d)       
Temuan :
a)      Jajaran produk perusahaan berada dalam keseimbangan yang mengkhawatirkan. Dua macam produk yang menonjol menanggung 75% dari seluruh penjualan dan tidak memiliki potensi untuk berkembang,
b)      Serangkaian variabel pemasaran (marketing mix) perusahaan tidak seimbang dan terlalu banyak menghabiskan dana untuk tenaga penjualan tapi tidak cukup untuk bagian pengiklanan
c)      Perusahaan tidak memiliki prosedur pengembangan produk baru

Evaluasi
a)      Menyeimbangkan dana yang dikeluarkan untuk biaya tenaga penjualan dan bagian pengiklanan.
b)     Mengontrol dan membuat prosedur penjualan agar proses penjualan dan pemasaran berhasil mencapai titik maksimum.
c)      Perlu adanya perbaikan pada pola pemasaran produk
d)      Memproduksi produk yang memiliki nilai jual tinggi dan mempunyai potensi untuk berkembang.
e)      Prosedur pengembangan produk baru direncanakan dengan baik.

Rekomendasi
a)      Efisiensi :

b)      Efektivitas :
Pengembangan Produk baru diperhitungkan dengan perolehan profit dan biaya yang dikelurkan.
c)      Ekonomisasi :
Memproduksi barang yang memiliki kemampuan untuk menguasai pasar atau yang cepat terjual dipasar.

f.        Audit Fungsi Pemasaran
Kriteria :
a)      Kebijakan harga dapat bersaing dengan produk lain yang sejenis.
b)      Penjualan meningkat setelah kebijakan promosi dilakukan.
Temuan :
a)      Jajaran produk perusahaan berada dalam keseimbangan yang mengkhawatirkan. Dua macam produk yang menonjol menanggung 75% dari seluruh penjualan dan tidak memiliki potensi untuk berkembang, (e) Serangkaian variabel pemasaran (marketing mix) perusahaan tidak seimbang dan terlalu banyak menghabiskan dana untuk tenaga penjualan tapi tidak cukup untuk bagian pengiklanan,
b)      Usaha penjualan tidak terarah pada perhitungan yang menguntungkan.
Evaluasi:
ü  Menyeimbangkan dana yang dikeluarkan untuk biaya tenaga penjualan dan bagian pengiklanan.
ü  Mengontrol dan membuat prosedur penjualan agar proses penjualan dan pemasaran berhasil mencapai titik maksimum.

Artikel yang berkaitan



0 comments: